RNI Dirikan SMK Gula Satu-Satunya di Indonesia

RNI Dirikan SMK Gula Satu-Satunya di Indonesia
RNI Dirikan SMK Gula Satu-Satunya di Indonesia

jpnn.com - MADIUN - PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) telah meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Gula Rajawali Madiun. Peresmian itu dilakukan pada Jumat (9/5) lalu di komplek Pabrik Gula Rejo Agung Baru Jalan Yos Sudarso Madiun, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Direktur Utama RNI Ismed Hasan Putro dan pengguntingan pita oleh Walikota Madiun Bambang Irianto.

Dalam siaran tertulisnya, Ismed menjelaskan pendirian SMK Gula Rajawali itu dilatarbelakangi kebutuhan akan tenaga profesional untuk memproduksi gula.

Nantinya kata Ismed, sekolah menengah tersebut akan memberikan pengetahuan profesional di bidang tata kelola industri gula.

"Sekolah ini juga dibentuk untuk mengantisipasi persaingan pasar bebas para produsen gula, serta mengantisipasi kekurangan sumber daya manusia pabrik gula di lingkungan RNI Grup karena mendekati purna tugas," terang Ismed, Senin (12/5).

Kegiatan SMK milik PT RNI itu dirancang  secara berkesinambungan. Untuk pagi, para siswa akan belajar di kelas. Sementara siang hari akan mengikuti praktek di pabrik gula. Dan malam harinya, para siswa diberikan bekal keagamaan.

"Tiga kegiatan yang berbeda itu bisa menjadi bekal yang kuat," tutur dia.

Untuk tahap awal lanjut Ismed, SMK Gula Rajawali Madiun membuka kompetensi keahlian agribisnis tanaman perkebunan, teknik pemeliharaan mekanik industri, kimia industri dan ke depan, akan menambah program politeknik.

Selain itu, SMK Gula Rajawali juga dijadwalkan membuka pendaftaran dengan tiga jalur yakni, jalur prestasi, jalur PMDK dan jalur umum. Mengenai biaya, untuk jalur prestasi akan dibebaskan dari biaya pendaftaran, sementara untuk uang partisipasi  sebesar Rp 250 ribu.

MADIUN - PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) telah meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Gula Rajawali Madiun. Peresmian itu dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News