Robot Cerdas, Punya Detak Jantung

Robot Cerdas, Punya Detak Jantung
Robot Cerdas, Punya Detak Jantung
SEKITAR sepuluh tahun lalu, binatang peliharaan bisa berformat digital dalam bentuk mainan Tamagotchi. Kini, robot pun mampu menjadi binatang peliharaan manusia. Mereka punya sejumlah kemampuan yang nyaris tidak berbeda dengan binatang sungguhan.

Salah satu contohnya adalah Pomi (Penguin Robot for Multimodal Interaction). Robot itu dibuat oleh para ilmuwan dari Electronics and Telecommunications Research Institute (ETRI), Korea Selatan.

Robot tersebut mampu melihat, mendengar, serta menyentuh benda-benda. Pomi bisa menggerakkan bibir, alis, dan pupil mata untuk membuat sejumlah ekspresi pada wajah. Selain itu, Pomi mampu mengeluarkan dua jenis bau untuk menunjukkan emosi yang dirasakannya. Pada bagian dada, terdapat heart box yang mengeluarkan detak jantung sesuai mood yang dirasakan Pomi ketika disentuh.

Pomi memang difungsikan sebagai robot peliharaan manusia. Ia dilengkapi fungsi voice recognition untuk merespons perintah pemiliknya. Robot tersebut juga mempunyai sejumlah sensor untuk mengenali dan mengetahui posisi manusia di sekitarnya. (rum/bs)

SEKITAR sepuluh tahun lalu, binatang peliharaan bisa berformat digital dalam bentuk mainan Tamagotchi. Kini, robot pun mampu menjadi binatang peliharaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News