Robot Cheetah Mampu Saingi Usain Bolt

Robot Cheetah Mampu Saingi Usain Bolt
Foto : Courtesy of DARPA
BOSTON - Robot Cheetah berhasil mengalahkan dominasi manusia sebagai "makhluk" tercepat yang berlari dengan kaki. Dengan empat kakinya, robot tanpa kepala ini berhasil berlari hingga kecepatan 28,3 mil per jam (mph) atau sekitar 45,2 km/jam.

Dalam video yang diunggah di YouTube, terlihat bahwa robot hasil pengembangan ilmuwan dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DARPA) bersama Boston Dynamics, tercatat sempat mampu berlari hingga kecepatan 29,3 mil, tapi langsung terjatuh.

Meski begitu, Federasi Atletik Internasional menganggap capaian Cheetah tersebut berhasil mengalahkan prestasi sprinter Usain Bolt yang mampu berlari hingga kecepatan 27,78 mph. Prestasi Bolt yang setara 44,4 km/jam tersebut ditorehkan saat kejuaran dunia tahun 2009.

Pada percobaan Maret lalu, Cheetah hanya bisa berlari hingga kecepatan 18 mph  atau setara 28,8 km/jam. Setelah menjalani perbaikan selama 5 bulan di bagian kontrol algoritma dan penambahan tenaga pada pompa penggerak, lari Cheetah di atas treadmil kini bisa lebih cepat lagi.

BOSTON - Robot Cheetah berhasil mengalahkan dominasi manusia sebagai "makhluk" tercepat yang berlari dengan kaki. Dengan empat kakinya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News