Rombongan Jemaah Haji Pertama Indonesia Tiba di Madinah

Rombongan Jemaah Haji Pertama Indonesia Tiba di Madinah
Jemaah haji di Tanah Suci. Foto: Jawa Pos

jpnn.com, MADINAH - Jemaah haji Indonesia dari kloter satu asal Embarkasi Padang (PDG 01) menjadi rombongan pertama yang tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah.

Pesawat Garuda Indonesia yang membawa 387 jemaah ini mendarat di Madinah, Selasa (17/07), sekitar pukul 11.45 waktu setempat.

Jemaah PDG 01 berasal dari Kota Padang, Sumatera Barat. Dengan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 seri 300 ER, mereka bertolak dari embarkasi pukul 07.50 WIB.

Kloter PDG-1 ini terdiri dari 156 jemaah laki-laki dan 231 jemaah perempuan. Sebanyak 105 orang tercatat kategori jemaah risti (risiko tinggi); terdiri dari 37 risti dari segi umur dan 91 risti karena mengidap penyakit tertentu. Ikut dalam penerbangan ini lima petugas kloter dan tiga orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Rombongan disambut Ketua Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) Ahmad Dumyati Ansori, Dubes RI untuk Arab Saudi Maftuh Abegebriel, Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat, Kepala Daker Madinah Muhammad Khanif, serta sejumlah kepala bidang PPIH Arab Saudi dan kepala seksi Daker Bandara. Perwakilan Kementerian Haji Arab Saudi, Hani Asshaid juga hadir menyambut mereka.

Dubes RI untuk Arab Saudi Maftuh Abegibrel memberikan ucapan selamat kepada para jemaah yang telah tiba di Tanah Suci. Ia menjanjikan perlindungan bagi para jamaah tersebut.

“Seluruh warga Indonesia di negara ini akan kami lindungi,” ujarnya.

Agus juga meminta para jemaah menjaga nama besar Indonesia selama beribadah haji, serta menjaga persaudaraan sesama umat Islam. (esy/jpnn)

Jemaah haji Indonesia dari kloter satu asal Embarkasi Padang (PDG 01) menjadi rombongan pertama yang tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News