Romo Benny: Singkirkan Perbedaan Pendapat Antarkelompok, Bersatu Fokus Mengatasi Covid-19

Romo Benny: Singkirkan Perbedaan Pendapat Antarkelompok, Bersatu Fokus Mengatasi Covid-19
Romo Benny Susetyo. Foto: tangkapan layar Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Perayaan Natal di Indonesia tahun ini berjalan lancar meski dalam kondisi sulit karena pandemi covid-19. Rohaniawan Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny berharap ini bisa menjadi momentum membangkit semangat anak bangsa untuk terus bersatu.

Menurut dia, semua bisa bersatu dan menyingkirkan segala perbedaan. Sebab, saat ini masyarakat Indonesia masih harus menghadapi penyebaran Covid-19. Romo Benny meyakini, dengan semangat persatuan dan kesatuan, Indonesia bisa mengatasi masalah ini.

"Ke depan dalam mengatasi Covid-19 semua perbedaan kita tinggalkan dulu dan kita bersama bersatu bagaimana mengatasi Covid-19 dengan kesadaran bersama untuk satu visi dalam kebersamaan karena kita membutuhkan kebersamaan semua anak bangsa," kata Romo Benny di Jakarta pada Sabtu (26/12).

Dia mengatakan bangsa Indonesia ke depan harus mengembalikan roh Bhinneka Tunggal Ika sehingga anak bangsa bisa berpikir, bertindak, dan berelasi untuk kepentingan bersama.

Satu sama lain bisa saling menghargai, menghormati, hidup bersaudara, saling membantu, dan menjadikan agama inspirasi bagi kebaikan bersama.

Romo Benny juga mengajak semua kalangan saling menahan diri, tidak mengeluarkan pernyataan-pernyataan ujaran kebencian yang berpotensi memecah belah.

Menurutnya, ujaran kebencian muncul salah satunya karena faktor orang bersembunyi dari realitas kebenaran. Hal itu menunjukan seseorang tidak memiliki kepatuhan etika publik.

"Paling bahaya mereduksi nilai kebenaran dalam kedangkalan. Ke depan dibutuhkan pendidikan literasi dan pendidikan kristis," tegasnya.

Saat ini masyarakat Indonesia masih harus menghadapi penyebaran Covid-19 sehingga dibutuhkan persatuan semua kalangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News