Ronaldinho Pesepakbola Dekade Ini

Ronaldinho Pesepakbola Dekade Ini
Foto: Zimbio.com.
LONDON - Bintang AC Milan, Ronaldinho, hari ini terpilih sebagai Pesepakbola Dunia Dekade Ini, dalam ajang pemilihan yang dilakukan majalah World Soccer. Dalam kategori ini, Ronaldinho mengungguli dua kandidat lainnya, yakni peraih gelar Ballon d'Or (Pesepakbola Terbaik Eropa) 2009, Lionel Messi (Barcelona), serta Cristiano Ronaldo (Manchester United), yang masing-masing berada di urutan kedua dan ketiga.

Namun bagi Messi khususnya, sebagaimana dikutip Soccerway.com, penghargaan lain justru kembali diterimanya, masih dalam ajang pemilihan majalah yang sama. Messi ternyata juga dipilih sebagai Pesepakbola Tahun Ini, menyisihkan dua rekan seklubnya yang juga menjadi kandidat, Xavi dan Andres Iniesta. Messi sekaligus tercatat sebagai orang Argentina kedua peraih gelar ini, setelah Diego Maradona pada 1986 lalu.

Sejumlah nama besar lain tercatat sudah merasakan gelar yang dipegang Messi ini sebelumnya, yang aktif diberikan sejak 1982, termasuk di antaranya Ronaldinho sendiri. Mereka yang lain termasuk pula Cristiano Ronaldo, Kaka, Fabio Cannavaro, Pavel Nedved, Ronaldo, Michael Owen, Luis Figo, Rivaldo, Zinedine Zidane, hingga nama-nama pendahulu macam Paolo Maldini, Marco van Basten, Jean-Pierre Oapin, Michel Platini, juga Zico dan Paolo Rossi.

Yang menarik, gelar lain yang juga diberikan tampaknya masih tak jauh-jauh dari klubnya Messi yang bermarkas di Nou Camp, Spanyol. FC Barcelona, yang dulunya juga adalah bekas klubnya Ronaldinho, terpilih sebagai penerima award untuk Tim Tahun Ini. Sementara pelatih Barca, Pep Guardiola, juga terpilih sebagai Manager of the Year, mengalahkan Felix Magath (eks-manajer Wolfsburg) dan Sir Alex Ferguson dari Manchester United.

LONDON - Bintang AC Milan, Ronaldinho, hari ini terpilih sebagai Pesepakbola Dunia Dekade Ini, dalam ajang pemilihan yang dilakukan majalah World

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News