Rotary District 3420 Indonesia: Program 5.000 Jamban untuk Hidup Sehat dan Beradab

Rotary District 3420 Indonesia: Program 5.000 Jamban untuk Hidup Sehat dan Beradab
Rotary District 3420 Indonesia canangkan Program 5.000 Jamban. Foto: Genpi

jpnn.com, JAKARTA - District Governor (DG) Rotary District 3420 Indonesia Cindy Bachtiar menyatakan pihaknya tidak tinggal diam melihat permasalahan Indonesia terkait toilet.

Pasalnya, dari data yang dimilikinya pada 2020 sebanyak 20 juta keluarga Indonesia hidup tanpa toilet.

Menurut Cindy, jika dihitung satu keluarga terdiri dari empat orang, maka ada 80 juta orang yang membuang kotoran di Sungai dan sembarang tempat.

Sebanyak 80 juta orang itu setidaknya akan membuang 14 ribuan ton kotoran manusia dan mencemari lingkungan setiap harinya.

Hal itu mengantarkan Indonesia menempati peringkat ketiga dunia sebagai negara terburuk dalam hal toilet, setelah China dan India.

Tidak heran, kata Cindy, jika polusi sungai di Indonesia menembus angka 75 persen dan degradasi air tanah hingga pada level 70 persen.

"Ini masalah serius, mendesak, dan menjadi tanggung jawab bersama-sama. Dampaknya panjang dan daya rusaknya dahsyat," ujar Cindy.

Oleh karena itu, Rotary District 3420 Indonesia membuat gebrakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Pada 2020 sebanyak 20 juta keluarga Indonesia hidup tanpa toilet. Sebanyak 80 juta orang itu setidaknya akan membuang 14 ribuan ton kotoran manusia dan mencemari lingkungan setiap harinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News