Royalti Freeport Harus Ditingkatkan

Royalti Freeport Harus Ditingkatkan
Royalti Freeport Harus Ditingkatkan
JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR Yorris Raweyai, menegaskan, negeri ini hanya menerima royalti satu persen dari pendapatan PT Freeport Indonesia yang beroperasi di Papua. Yorris menegaskan, harusnya Indonesia bisa menerima lebih dari satu persen. Namun sayang ia tidak bisa menyebutkan berapa angka ideal royalti yang harus diterima Indonesia.

"BUMN saja bayar lima persen," kata Yorris, kepada wartawan, Senin (3/9), di gedung parlemen, Jakarta.

Dijelaskan Yorris, Freeport mengelola pertambangan terbesar di dunia yang ada di negeri ini.  Untuk tembaga, kata dia, Freeport yang ketiga terbesdar di dunia.  Biaya produksi freeport juga termurah di seluruh dunia. Nilai investasinya murah, tingkat upah rendah dan produksinya besar. Tapi, sayangnya hanya memberikan royalti satu persen saja. "Ini perlu direnegosiasi," tegas politisi Partai Golkar itu.

Dia menegaskan, untuk itu harus ada keberanian dan kemampuan argumentasi yang kuat dari pemerintah. "Tergantung pemerintah punya kemauan," kata Yorris. (boy/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Ipong Pimpin Gerindra Kaltim

JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR Yorris Raweyai, menegaskan, negeri ini hanya menerima royalti satu persen dari pendapatan PT Freeport Indonesia yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News