RS Karya Medika Tambun Akui Beli Vaksin dari Azka Medical

RS Karya Medika Tambun Akui Beli Vaksin dari Azka Medical
Direktur Rumah Sakit Karya Medika Tambun, Dr Dominggus M Efruan MARS (tengah) menjelaskan soal dugaan vaksin palsu, Jumat (15/7/2016). (Foto: Rezza Rizaldi/GoBekasi)

jpnn.com - BEKASI - Pihak Rumah Sakit Karya Medika Tambun, Kabupaten Bekasi, akui pernah membeli vaksin dari CV Azka Medical yang baru-baru ini terungkap mendistribusikan barang abal-abal alias palsu. Pembelian dilakukan pada tahun 2011 dengan alasan stok vaksin di distributor resmi sedang kosong.

“Yang kami peroleh dari CV Azka ini ada 5 jenis vaksin,” ujar Direktur RS Karya Medika Tambun, Dominggus M Efruan kepada GoBekasi, Jumat (15/7).

Dia menyebutkan vaksin yang dibeli dari CV Azka Medikal antara lain, ABU, PPD, ATS serta Engerix B Adult dan Engerix B Pediatal. "Tapi vaksin ini sebagian kecil saja dari total vaksin yang kami gunakan,” sambung dia.

Dokter Dominggus pun menyebutkan bahwa hanya dua dari vaksin-vaksin tersebut yang digunakan untuk anak-anak yakni, Engerix B Pediatal dan PPD. Keduanya digunakan untuk mengatasi hepatitis B.

Sementara tiga vaksin lainnya diperuntukan bagi pasien dewasa. Selain itu, tidak semua vaksin sempat dipakai oleh pihaknya. "Seperti vaksin ABU untuk anti bisa ular atau pasien yang dipatuk ular," terang Dominggus.

Lebih lanjut disampaikannya, RS Karya Medika Tambun tidak terlibat dalam proses produksi vaksin palsu. Saat ini pun, vaksin-vaksin tersebut sudah tidak digunakan di RS Karya Medika.

“Kami akan secara penuh mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan vaksin ulang dan kami akan lakukan secara cuma-cuma,” tukasnya.(cr27/gob/dil/jpnn)


BEKASI - Pihak Rumah Sakit Karya Medika Tambun, Kabupaten Bekasi, akui pernah membeli vaksin dari CV Azka Medical yang baru-baru ini terungkap mendistribusikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News