Ruki Berpeluang Pimpin KPK Lagi !

Ruki Berpeluang Pimpin KPK Lagi !
Ruki Berpeluang Pimpin KPK Lagi !
JAKARTA – Anggota tim penyeleksi pimpinan sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adnan Buyung Nasution memberikan sinyal, para mantan pimpinan KPK tetap punya peluang untuk kembali menjadi pimpinan lembaga pemberantas korupsi itu. Dengan demikian, peluang Amin Sunaryadi, Erry Riyana Hardjapamekas, dan Tumpak Hatorangan Panggabean, masih sangat terbuka.

“Bisa saja, tidak ada yang tertutup,” ujar Adnan Buyung Nasution kepada wartawan sesaat sebelum mengikuti rapat perdana Tim Lima di Kantor Kementrian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta, Kamis (24/9). Buyung mengatakan hal itu menanggapi aspirasi yang berkembang bahwa para mantan pimpinan KPK periode pertama itu layak untuk kembali menjadi pimpinan KPK.

Sementara, desakan lembaga anti korupsi seperti Indonesia Corruptions Watch (ICW) agar orang dari kalangan partai politik jangan sampai menjadi pimpinan KPK tampaknya bakal diakomodir Tim Lima. Adnan sebagai anggota tim terang-terangan tidak menghendaki orang partai duduk di kursi pimpinan KPK. "Menurut saya, orang dari partai politik juga tidak boleh," ujar anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu.

Mengenai calon dari unsur kejaksaan dan kepolisian, Adnan tidak melarangnya. Hanya saja, jangan sampai ketiga pimpinan sementara KPK itu nantinya semuanya dari kedua unsur tersebut.  “Saya tak mau dipaksakan kalau hanya dari unsur kejaksaan atau kepolisian,” tegasnya. Anggota Tim Lima sendiri juga tertutup kemungkinan untuk bisa menjadi pimpinan KPK. “Jangan, nanti jeruk makan jeruk namanya,” cetus Buyung.

JAKARTA – Anggota tim penyeleksi pimpinan sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adnan Buyung Nasution memberikan sinyal, para mantan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News