Rumah Modifikasi Ini Kembangkan Sasis Mobil Paling Ringan

Rumah Modifikasi Ini Kembangkan Sasis Mobil Paling Ringan
Sasis Karbon Besutan Hennessey Performance Engineering. Foto : Carscops

jpnn.com - HENNESSEY Performance Engineering baru saja merancang sasis baru yang diklaim paling kuat dan ringan. Kabarnya sasis baru ini akan disematkan pada salah satu hypercar terbaru mereka yaitu Venom F5.

Rumah modifikasi asal Amerika Serikat mengembangkan sasis tersebut dengan menggunakan bahan serat karbon.

Bahkan mereka telah melakukan serangkaian ujicoba. Menurutnya, sasis tersebut memiliki kekakuan dalam kecepatan torsi hingga 52.000 Nm.

Angka itu melampaui kekakuan sasis Bugatti Chiron yang hanya 50.000 Nm. Menariknya, bobot keseluruhan dari sasis tersebut hanya 86 kilogram.

"Sasis serat karbon kami yang baru adalah keajaiban teknik dan melihatnya secara langsung seperti melihat karya seni. Ini seperti sepotong perhiasan otomotif yang dibangun untuk bisa melaju hingga 500+ km/jam," ungkap Co-founder dan CEO Hennessey, John Hennessey seperti dikutip dari Carscoops, Selasa (21/1).

Tulang punggung serat karbon dari hypercar asal Sealy, Texas, Amerika Serikat (AS) ini akan dipasangkan dengan mesin V8 6,6 liter. Dengan mesin tersebut maka tenaga dan torsi pun dijamin lebih besar.

Dijuluki Fury, mesin twin-turbo V8 dibangun di atas arsitektur LS yang kombinasi komponen ringan dan teknologi tinggi seperti wastegate aliran tinggi, katup blow-off, injeksi bahan bakar, stainless header, downpipe turbo baja, catalytic converter, hingga sistem pembuangan titanium.

Dengan teknologi yang diusungnya, mesin ini dapat melebupkan tenaga hingga 1.817 hp pada 8.000 rpm dan trosi 1.617 Nm pada 5.500 rpm. (mg9/jpnn)

Rumah modifikasi asal Amerika Serikat mengembangkan sasis tersebut dengan menggunakan bahan serat karbon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News