Rumah Sakit Jiwa Sudah Siapkan Ruangan untuk Caleg Gagal

Rumah Sakit Jiwa Sudah Siapkan Ruangan untuk Caleg Gagal
Rumah sakit jiwa. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, SURABAYA - Rumah Sakit Jiwa Menur, Surabaya menyediakan ruangan khusus bagi caleg yang gagal melenggang sebagai wakil rakyat. Ini dilakukan karena potensi stres bagi caleg gagal di bursa pencalonan anggota legislatif cukup tinggi.

Ruangan khusus bervariasi mulai dari VVIP, hingga VIP. Bahkan poliklinik eksklusif pun disediakan lantaran caleg stres umumnya enggan berobat di tempat yang sama dengan orang kebanyakan.

"Merujuk pada pengalaman pileg lima tahun lalu, di RSJ Menur ada peningkatan pasien berobat tapi tak signifikan. Lantaran umumnya pasien tidak membuka diri sebagai caleg yang gagal. Signifikansi pun tidak banyak sebab caleg gagal diprediksi lebih nyaman langsung mendatangi psikiater secara khusus," tutur Dr. Herlin Ferliana, Direktur RSJ Menur Surabaya.

Herlin mengingatkan agar para caleg menyiapkan diri untuk mengalami kegagalan, jika tidak terpilih menjadi wakil rakyat.

Para caleg perlu membekali diri dengan pemahaman agama yang baik.

"Setidaknya dengan begitu, ketahanan mental bisa dijaga. Namun jika merasa mengalami insomnia, hingga kecemasan berlebih, seharusnya segera berobat ke psikiater," pungkasnya.(end/jpnn)


RSJ juga siapkan poliklinik eksklusif lantaran caleg stres umumnya enggan berobat di tempat yang sama dengan orang kebanyakan.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News