Rumania Minta Polisi Pulangkan Popa

Rumania Minta Polisi Pulangkan Popa
Rumania Minta Polisi Pulangkan Popa
JAKARTA - Duta Besar Rumania untuk Indonesia Cheorge Vilcu bertemu Kapolri Jenderal (pol) Timur Pradopo di Mabes Polri, Kamis (25/11). Ia meminta polisi memulangkan buronan korupsi Nicolae Popa yang kini ditahan Mabes Polri. Alasannya bekas negara komunis itu ingin mengadili Popa di Rumania.

Hal ini seperti dikatakan Kadiv Humas Polri Irjen (pol) Iskandar Hasan di Mabes Polri, Kamis siang.  Namun demikian tambahnya pihaknya harus menunggu sidang pengadilan Popa terlebih dahulu. Ini untuk menentukan izin pemulangan Popa mengingat Indonesia dan Rumania tidak memiliki perjanjian ekstradisi.

''Beliau meminta bagaimana supaya Nicolae Popa dapat dilakukan ekstradisi. Kita tahu kita tidak punya hubungan ekstradisi. Tapi kasus ini sudah diproses artinya sudah dibawa ke sidang ke pengadilan di Jakarta. Dari proses itu hal ini akan diberikan untuk di deportasi istilahnya. Karena tidak  ada perjanjian ekstradisi,'' ujarnya.

Sidang ini sendiri merupakan sidang deportasi mengingat polisi tidak menemukan pelanggaran pidana yang dilakukan Popa di Indonesia yang dapat dijadikan alasan menahan Popa lebih lama.

JAKARTA - Duta Besar Rumania untuk Indonesia Cheorge Vilcu bertemu Kapolri Jenderal (pol) Timur Pradopo di Mabes Polri, Kamis (25/11). Ia meminta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News