Rupiah Pagi Ini Melemah Menjadi Rp 14.173, Bersamaan Jatuhnya Kurs Dolar AS

Rupiah Pagi Ini Melemah Menjadi Rp 14.173, Bersamaan Jatuhnya Kurs Dolar AS
Mata uang rupiah Indonesia (IDR) dan dolar Amerika Serikat (USD). Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi bergerak melemah 1 poin atau 0,01 persen menjadi Rp 14.173 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya di level Rp 14.172 per dolar AS.

Sementara itu, kurs dolar AS jatuh terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), karena data penjualan ritel AS yang mengalami penurunan.

Data tersebut melukiskan gambaran suram ekonomi dan mendukung kasus penurunan suku bunga lebih lanjut oleh Federal Reserve.

Indeks dolar AS, yang mengukur mata uang greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun 0,30 persen pada 97,998.

"Ekonomi AS memang menunjukkan pelemahan lebih lanjut, membenarkan pemangkasan suku bunga oleh Fed," kata Marc-André Fongern, ahli strategi di MAF Global Forex di Frankfurt.

Adapun kurs tengah mata uang China, renminbi atau yuan, jatuh 43 basis poin menjadi 7,0789 terhadap dolar AS, pada Kamis, memperpanjang penurunan sehari sebelumnya, menurut Sistem Perdagangan Valuta Asing China (CFETS).

Di pasar spot valuta asing China, yuan diperbolehkan naik atau turun sebesar dua persen dari tingkat paritas tengahnya setiap hari perdagangan.

Kurs spot dalam negeri yuan China, mengakhiri sesi domestik di posisi 7,1030 per dolar AS, penutupan terlemah sejak 10 Oktober, setelah Beijing mengkritik undang-undang baru AS yang mendukung protes pro-demokrasi di Hong Kong. (antara/jpnn)

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi bergerak melemah 1 poin atau 0,01 persen menjadi Rp 14.173 per dolar AS.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News