RUPST Telkom: FMC Disetujui, Telkomsel Fokus Perkuat Bisnis Broadband

RUPST Telkom: FMC Disetujui, Telkomsel Fokus Perkuat Bisnis Broadband
PT Telkom Indonesia menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2022 pada Selasa (30/5). Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Telkom) memperoleh persetujuan dari pemegang saham independen atas aksi korporasi pemisahan segmen usaha (spin-off) IndiHome ke Telkomsel, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Telkom Tahun Buku 2022 pada Selasa (30/5).

Aksi korporasi yang tergolong sebagai transaksi afiliasi sebagaimana diatur dalam Peraturan OJK No.42/2020 ini memerlukan persetujuan pemegang saham independen, di mana telah tercapai kuorum dan disetujui mayoritas pemegang saham independen.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menjelaskan pemisahan IndiHome dalam implementasi Fixed Mobile Convergence (FMC), merupakan bagian dari strategi utama perusahaan Five Bold Moves, yang strategis bagi Telkom dalam mendukung terciptanya inklusi digital melalui peningkatan keandalan konektivitas yang lebih luas dan merata bagi masyarakat.

Sinergi antara IndiHome dan Telkomsel yang merupakan pemimpin pasar bisnis broadband diharapkan akan memudahkan masyarakat dalam mengakses beragam layanan digital. Telkomsel akan memiliki mesin pertumbuhan baru yang akan memperkuat kinerja perusahaan ke depannya.

"Dari sisi bisnis, integrasi layanan broadband ini diharapkan bisa menjadikan belanja modal (capital expenditure) perusahaan lebih efisien dan mampu menciptakan nilai yang optimal bagi seluruh pemangku kepentingan," ujar Ririek.

Sejalan dengan arahan Menteri BUMN, ke depannya Telkomsel akan fokus menjalankan segmen bisnis Business to Customer (B2C), sementara Telkom fokus pada segmen Business to Business (B2B).

Potensi pasar yang besar dan masih banyak perusahaan maupun instansi yang memerlukan dukungan digitalisasi menjadi peluang bagi Telkom untuk menjadi pemain besar di segmen bisnis B2B.

"Kami berterima kasih kepada para pemangku kepentingan atas dukungan kepada Telkom untuk mencapai kinerja terbaik serta mengapresiasi kepercayaan yang senantiasa diberikan, terutama dalam upaya perseroan melakukan transformasi. Persetujuan atas implementasi FMC menjadi penting dalam langkah transformasi perseroan untuk menciptakan nilai yang optimal baik bagi perusahaan, pelanggan, masyarakat, pemegang saham dan pemerintah," papar Ririek.

Sinergi IndiHome dan Telkomsel yang merupakan pemimpin pasar bisnis broadband diharapkan akan memudahkan masyarakat dalam mengakses beragam layanan digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News