Rusia Batasi Harga Minimum Vodka

Rusia Batasi Harga Minimum Vodka
Foto : Radim.Tv
MOSCOW - Rakyat Rusia sepertinya memang sulit dijauhkan dari vodka. Sampai-sampai Pemerintah Rusia telah membuat aturan baru tentang harga jual minimum minuman keras khas Rusia di seluruh negeri.

Langkah ini merupakan bagian dari rencana Presiden Dmitry Medvedev untuk mengatasi pecandu alkohol. Seprti diwartakan BBC, harga termurah sebotol vodka berisi setengah liter adalah 89 rubel atau sekitar USD 3. 

Namun upaya itu belum tentu efektif. Rata-rata penghasilan warga Rusia dibawah 10 ribu rubel (USD 600) per bulan, namun vodka ilegal bisa ditemukan dengan harga 40 rubel. Menurut perkiraan para ahli, vodka ilegal dikonsumsi hingga 50 persen dari jumlah yang dikonsumsi warga Rusia. Rata-rata orang Rusia minum 34 botol setiap tahun.

Presiden Medvedev bertekad memangkas jumlah itu hingga tinggal seperempatnya saja pada 2012 nanti. Jelas ini merupakan target yang berani mengingat kegagalan para pendahulnya.

MOSCOW - Rakyat Rusia sepertinya memang sulit dijauhkan dari vodka. Sampai-sampai Pemerintah Rusia telah membuat aturan baru tentang harga jual minimum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News