Rusia Kirim 30 Tank ke Perbatasan Afghanistan, Mau Hajar Taliban?

Rusia Kirim 30 Tank ke Perbatasan Afghanistan, Mau Hajar Taliban?
Tank angkatan bersenjata Tajikistan tampak dalam latihan militer gabungan dengan Rusia dan Uzbekistan di dekat perbatasan Tajikistan-Afghanistan, Selasa (10/8/2021). Foto: ANTARA/REUTERS/Didor Sadulloev/am.

jpnn.com, MOSKOW - Rusia memperkuat markas militernya di Tajikistan yang bertetangga dengan Afghanistan, dengan menempatkan 30 tank baru hingga akhir 2021, seperti yang dilaporkan Kantor Berita Interfax.

Moskow menggelar latihan militer di Tajikistan dan memperbanyak perangkat keras di markas tersebut, sejak Amerika Serikat menarik pasukannya dari Afghanistan dan pengambil alihan singkat oleh Taliban. Itu merupakan ekspansi terbesar Rusia di luar negeri.

Rusia khawatir dengan potensi kejatuhan di wilayah yang lebih luas dan kemungkinan kelompok ekstremis menyusup ke Asia Tengah, yang dilihat Moskow sebagai penyangga pertahanan wilayah selatan mereka.

Perbatasan Tajikistan dengan Afghanistan membentang sejauh 1.344 km dan sebagian besar merupakan wilayah pegunungan dan mempersulit pihak kepolisian.

Interfax yang mengutip komandan unit tank Distrik Militer Pusat Rusia Khanif Beglov, menyebutkan bahwa 30 tank modern akan ditempatkan di markas tersebut hingga akhir tahun 2021 untuk menggantikan kendaraan tempur yang lebih usang. (ant/dil/jpnn)

Kembalinya Taliban ke Afghanistan ternyata tidak disambut gembira oleh pemerintah Rusia


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News