Rusia Siapkan Misi Tanpa Awak ke Bulan

Luna-Glob Diluncurkan 2015

Rusia Siapkan Misi Tanpa Awak ke Bulan
Rusia Siapkan Misi Tanpa Awak ke Bulan
MOSKOW - Rusia akan meneruskan program eksplorasi luar angkasa yang sempat terbengkalai. Rencananya pada 2015 nanti, negeri Beruang Merah itu akan mengirimkan misi tanpa awak ke bulan.

Badan Antariksa Rusia, Roskosmos tengah menyiapkan pesawat bernama Luna-Glob, yang akan diluncurkan dengan roket dari fasilitas baru di Amur, timur jauh Rusia. "Kami akan memulai eksplorasi ke bulan dari sana (Amur, red)," kata Direktur Roskosmos, Vladimir Popovkin seperti dikutip Interfax, Kamis (17/1) waktu Moskow.

Menurutnya, fasilitas baru di Amur itu akan mengurangi ketergantungan Rusia terhadap Kosmodrom Baikonur di negara bekas pecahan Uni Soviet, Kazakhstan. Sejak bubarnya Uni Soviet, Rusia terpaksa menyewa Kosmodrom Baikonur.

Luna-Globe akan terdiri dari sebuah modul yang akan mengorbit bulan dan sebuah perangkat yang akan mendarat di benda langit yang menjadi satelit bagi Bumi itu. Selanjutnya, piranti yang mendarat di bulan akan mengirim informasi tentang sampel material dari permukaan bulan.

MOSKOW - Rusia akan meneruskan program eksplorasi luar angkasa yang sempat terbengkalai. Rencananya pada 2015 nanti, negeri Beruang Merah itu akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News