Rusuh Disengaja Agar Pilkada Ditunda

Rusuh Disengaja Agar Pilkada Ditunda
Rusuh Disengaja Agar Pilkada Ditunda
JAKARTA -- Banyak faktor sebagai pemicu persoalan di seputar pelaksanaan pemilukada tahun 2010 ini. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Hafiz Anshary, salah satunya penyebabnya adalah sikap kandidat yang tidak siap berkompetisi karena takut kalah, sehingga sengaja menciptakan kerusuhan. Harapannya, agar tahapan pemilukada ditunda.

Pasalnya, sesuai ketentuan, penundaan bisa dilakukan jika hanya ada satu pasangan calon, bencana alam, dan kerusuhan. Untuk menciptakan bencana alam jelas tak mungkin, maka yang dilakukan adalah membuat keonaran.

"Sebab Undang-undang kan mengatakan, pilkada itu bisa ditunda apabila ada bencana alam, kerusuhan, atau gangguan lainnya. Nah  bagaimana agar bisa ditunda, diciptakanlah kerusuhan. Nah kalau ini benar, berarti ini salah satu modus, membuat rusuh untuk menunda pemilukada," ujar Abdul Hafiz Anshary di gedung KPU, Jakarta, Jumat (25/6).

Namun dia tak memungkiri, kerusuhan juga dipicu ketidakpuasan kepada penyelenggara pemilu, kepada pemda setempat dan parpol. "Itu yang sering memicu persoalan yang terjadi di daerah," ujarnya.

JAKARTA -- Banyak faktor sebagai pemicu persoalan di seputar pelaksanaan pemilukada tahun 2010 ini. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News