Rusuh! Hujan Batu Dibalas Tembakan Gas Air Mata

Rusuh! Hujan Batu Dibalas Tembakan Gas Air Mata
Massa berhadap-hadapan dengan aparat kepolisian di halaman kantor KPUD Simalungun di Pamatang Raya, Minggu (6/12). Foto: Metro Siantar/JPG

jpnn.com - PEMATANG RAYA – Kerusuhan terjadi jelang pilkada Kabupaten Simalungun, Sumut. Kemarin, ribuan massa yang mengatasnamakan pendukung JR Saragih-Amran Sinaga terlibat bentrok dengan aparat kepolisian.

Lemparan batu dibalas tembakan gas air mata mewarnai demo tersebut. Beberapa pendemo dan personel kepolisian mengalami luka-luka.

Sebelumnya ribuan massa berkumpul di halaman kantor KPUD Simalungun di Pamatang Raya, Minggu (6/12). Kedatangan mereka adalah untuk meminta keterangan KPUD atas adanya kabar bahwa JR Saragih-Amran Sinaga (JR-Amran) dicoret sebagai Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Simalungun.

Beberapa saat demo berlangsung, pihak KPUD Simalungun bermediasi dengan massa. Mereka meminta massa meninggalkan lokasi dan meminta kembali besok (hari ini). Namun massa menolak untuk bubar. Seruan penolakan yang semula hanya terucap dari beberapa massa langsung disambut massa yang lain hingga seluruh massa kompak menyuarakan penolakan atas permintaan pihak KPUD.

Bahkan, seruan penolakan tersebut berubah menjadi aksi saling dorong dengan pihak kepolisian yang berjaga di depan kantor KPUD. Massa terlihat memaksa ingin masuk ke kantor KPUD.

Bahkan, aksi saling dorong makin ekstrem dengan terjadinya aksi lempar batu hingga menyebabkan beberapa pengunjukrasa dan personel kepolisian terluka.

Jerry Sigumonrong, salah satu korban luka dari beberapa korban lainnya tampak dievakuasi dari kerumunan massa. Dia menderita luka di kepala. Sementara, Riswanda Damanik yang merupakan personel Brimob serta , Irfan dan Leo dari pihak kepolisian juga harus mendapatkan perawatan karena terkena lemparan batu.

Tidak hanya itu, satu unit mobil dan sound system yang digunakan untuk berorasi juga rusak dan diamankan pihak kepolisian sebagai barang bukti. Hingga akhirnya, polisi pun menembakkan gas air mata yang memaksa massa membubarkan diri.

PEMATANG RAYA – Kerusuhan terjadi jelang pilkada Kabupaten Simalungun, Sumut. Kemarin, ribuan massa yang mengatasnamakan pendukung JR Saragih-Amran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News