Rutan Siak Terbakar, Ini Penyebabnya

Rutan Siak Terbakar, Ini Penyebabnya
Ilustrasi petugas pemadam kebakaran menjinakkan api. Foto: Istimewa

jpnn.com - Rutan Klas IIB Siak Riau rusuh dan terbakar pada Sabtu (11/5) sekitar pukul 02.00 WIB. Penyebab kebakaran bermula dari ditemukannya narkoba saat sidak kepada tahanan di rutan tersebut.

“Berdasarkan info dari kepala Rutan Siak, kejadian bermula dari ditemukannya narkoba yang diduga jenis sabu-sabu dalam lipatan baju warga binaan atas nama Y di blok wanita," kata Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjen PAS Lilik Sujandi dalam keterangan yang diterima.

Awalnya, penemuan itu ditemukan pertama kali oleh sipir yang langsung menyampaikan temuan tersebut kepada Kepala Rutan Gatot. Selanjutnya Karutan merespon info tersebut, dengan melakukan penggeledahan di blok wanita dengan petugas pengamanan. Termasuk berkoordinasi dengan Kasat Narkoba Polsek Siak AKP Jaelani.

Sekitar Jumat pukul 21.45 WIB, Kasat Reskrim Narkoba beserta anggotanya tiba di rutan dan langsung melakukan pemeriksaan dan pengembangan. Setelah dilakukan penyelidikan intensif dan BAP, ditetapkan tiga tahanan terbukti mengkonsumsi narkoba atas nama IM, Z dan D.

“Selanjutnya pada pukul 00.35 ketiga tahanan tersebut dimasukkan ke ruang hunian dengan pengawalan petugas," kata dia.

BACA JUGA: Narapidana Mengamuk, Rutan Siak Terbakar, Perwira Polisi Dikabarkan Tertembak

Sekitar pukul 01.10 WIB, terjadilan pemberontakan oleh tahanan yang menjebol pintu blok sel. Petugas rutan langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Saat itu Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo langsung hadir ke lokasi.

"Posisi terakhir dari 648 tahanan dan napi, 31 orang masih dilakukan pengejaran," kata dia. Lilik menambahkan, kapasitas hunian sebanyak 128 orang.

Rutan Klas IIB Siak Riau rusuh dan terbakar pada Sabtu (11/5) sekitar pukul 02.00 WIB. Penyebab kebakaran bermula dari ditemukannya narkoba saat sidak kepada tahanan di rutan tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News