Rutin Aerobik 20 Menit agar Semangat Jalani Aktivitas

Rutin Aerobik 20 Menit agar Semangat Jalani Aktivitas
Rutin Aerobik 20 Menit agar Semangat Jalani Aktivitas

jpnn.com - TENTUNYA menjadi hal yang menyenangkan jika bisa menjalani aktivitas seharian dengan bersemangat disertai suasana hati yang baik. Nah, salah satu rahasia supaya hal itu bisa dirasakan ternyata mudah dan hanya butuh waktu 20 menit saja.

Apa itu? Olahraga rutin sebelum memulai hari anda selama 20 menit ternyata akan membuat tubuh lebih semangat dan tidak mudah lelah. Para peneliti di University of Georgia menemukan bahwa orang dewasa yang secara rutin melakukan aerobik selama 20 menit tidak terlalu merasa lelah dan lebih bersemangat menjalani aktivitas harian.

Latihan itu mereka lakukan dengan intensitas sedang tiga kali seminggu selama enam minggu. Bahkan, peserta studi melaporkan latihan rutin selama lima menit saja bisa membuat perubahan suasana hati yang lebih baik.

"Latihan aerobik rutin bisa meningkatkan denyut jantung 112 denyut per menit sehingga selama 12 jam latihan, suasana hati peserta studi bisa membaik," kata peneliti Dr. Jeremy Sibold, seperti dilansir laman Inc.com, Senin (10/2).

Lebih lanjut Dr Sibold mengatakan, aerobik rutin juga berpotensi mengurangi stres sehari-hari yang bisa mengganggu suasana hati. Tak hanya itu, olahraga rutin juga bisa membuat anda lebih pintar karena membantu menghasilkan sel-sel otak baru yang lebih efektif.

Karenanya Dr Sibold juga mengingatkan untuk tak lupa selalu mengukur denyut jantung pada jumlah normal, yaitu 100 hingga 120 denyut per menit. Meskipun jumlah denyut juga tergantung usia, kebugaran, dan kondisi medis, namun Dr. Sibold menekankan bahwa olahraga pagi tidak harus memberatkan atau menguras tenaga.

"Yang harus dilakukan adalah bangun, bisa bergerak, dan melihat olahraga pagi bukan sebagai tugas tapi cara memulai hari anda agar lebih bersemangat dan suasana hati dalam kondisi baik, bahkan cara ini lebih ampuh dari minum kopi," pungkas Dr Sibold.(fny/jpnn)

TENTUNYA menjadi hal yang menyenangkan jika bisa menjalani aktivitas seharian dengan bersemangat disertai suasana hati yang baik. Nah, salah satu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News