Rutin Koordinasi dengan TNI-Polri, Upaya Bea Cukai Cegah Egosentrisme Lembaga

Rutin Koordinasi dengan TNI-Polri, Upaya Bea Cukai Cegah Egosentrisme Lembaga
Bea Cukai berupaya mencegah egosentrisme lembaga dengan rutin berkoordinasi bersama instansi penegak hukum lainnya. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai berupaya menghindari terbentuknya egosentrisme lembaga.

Upaya yang dilakukan dalam bentuk kerjasama dan koordinasi yang dijalin Bea Cukai dengan lembaga penegak hukum lainnya, seperti Polri dan TNI.

Kepala Seksi Humas Bea Cukai Sudiro menyampaikan, dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai pelindung masyarakat atau community protector, Bea Cukai selalu bersinggungan dan bekerja bersama para aparat penegak hukum lainnya.

"Untuk itu, kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di daerah kerap berkoordinasi dengan unit vertikal Polri dan TNI di wilayahnya masing-masing,” kata Sudiro, Senin (30/8).

Sudiro menyebutkan, bentuk koordinasi yang paling umum dilaksanakan adalah dengan melakukan kunjungan atau courtesy visit.

Dalam kesempatan tersebut tiap-tiap instansi menurutnya dapat mendiskusikan pelaksanaan tugas masing-masing dan hal-hal yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan kinerja setiap instansi.

Seperti yang dilakukan Kepala Kantor Bea Cukai Jayapura Edy Susanto berkunjung ke kantor BNN Provinsi Papua dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura.

Dalam pertemuan tersebut ketiga instansi saling berbagi informasi mengenai pelaksanaan tugas masing-masing serta berbagi informasi terkait isu permasalahan yang sedang dihadapi khususnya di Jayapura.

Bea Cukai terus melakukan kerjasama koordinasi dengan lembaga penegak hukum lainnya seperti Polri dan TNI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News