Rynek jadi Fanzone Paling Cantik

Rynek jadi Fanzone Paling Cantik
Salah satu sudut Kota Rynek di Wroclaw yang menjadi Fanzone Paling Cantik. Foto: Getty Images
PEMERINTAH Wroclaw tidak tanggung-tanggung memanfaatkan demam Euro di kotanya. Kebetulan, kota kecil di bagian barat daya Polandia ini menjadi salah satu host Euro dan menghelat tiga laga Grup A. Rynek, alias market square yang jadi jujukan kuliner paling asyik di sana, sekalian disulap menjadi fanzone.

   

Bagaimana tidak, Pusat kegiatan fans tersebut berdiri dikelilingi gedung-gedung tua yang sangat cantik. Termasuk yang paling mencolok adalah Wroclaw Town Hall, bangunan dari bata merah bergaya gothic yang dibangun selama 250 tahun sejak akhir abad ke-13. Di tengah-tengah square, terdapat menara dengan patung orang membawa cambuk di puncaknya.

   

"Sudah sejak zaman dulu, warga memanfaatkan lokasi rynek untuk berkumpul. Mengadakan pertemuan. Atau sekadar janjian," ungkap Katharyna, seorang volunteer yang bertugas di fanzone Wroclaw. "Kebiasaan itu berlanjut hingga sekarang. Kalau orang biasanya janji ketemu di taman kota, kami di rynek depan town hall," lanjut gadis yang akrab disapa Kasia itu.

   

Menurut sejarahnya, di masa lalu Rynek tidak hanya menjadi tempat berkumpul. Tapi juga jadi semacam tempat pengakuan dosa. Orang-orang yang merasa punya kesalahan terhadap Tuhan dan Raja datang dengan sukarela, lalu mencambuki dirinya sendiri. "Terdengar barbar ya, tapi begitulah di masa lalu. Itu sebabnya di puncak menara ada patung orang membawa cambuk," terang perempuan asli Wroclaw itu.

   

PEMERINTAH Wroclaw tidak tanggung-tanggung memanfaatkan demam Euro di kotanya. Kebetulan, kota kecil di bagian barat daya Polandia ini menjadi salah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News