Saat Reformasi Kita Tetap Utuh karena Memiliki Pancasila

Saat Reformasi Kita Tetap Utuh karena Memiliki Pancasila
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR di Kota Tangerang, Banten, Sabtu (14/7). Foto: Humas MPR

jpnn.com, TANGERANG - Wakil Ketua MPR RI Dr. Hidayat Nur Wahid, MA mengatakan, jika kaum pekerja memahami pentingnya Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa, maka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tak akan pernah tercerai berai.

Karena itu, Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bagi kalangan pekerja adalah bagian penting agar kaum pekerja makin memahami dan mencintai Indonesia.

"Alhamdulillah, kali ini terjadi sebuah sejarah, rekan-rekan pekerja mementingkan adanya sosialisasi Empat Pilar. Ini pertama kali menghadiri sosialisasi Empat Pilar MPR RI untuk kaum pekerja," ujar Hidayat saat membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bagi kalangan pekerja, bekerjasama dengan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) se-Tangerang Raya (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan), Sabtu (14/7/2018) di Gedung Pertemuan Surya Kencana Abadi, Kota Tangerang.

Sekitar 400 pekerja yang tergabung dalam FSPMI se-Tangerang Raya dan 118 pengurus inti FSPMI tingkat perusahaan turut berpartisipasi. Hidayat memaknai antusiasme kalangan pekerja ini sebagai wujud cinta kaum pekerja kepada Indonesia.

"Ini pertanda kaum buruh ingin mendapatkan informasi yang lebih detail dan update tentang ketentuan bernegara," ujar Hidayat.

Hidayat menegaskan, pada hakikatnya kaum pekerja adalah bagian tak terpisahkan dari eksistensi Indonesia.

"Jika tak ada rekan-rekan pekerja, atau mereka yang mengabdikan diri dalam berbagai profesi untuk Indonesia secara ikhlas, apakah Indonesia bisa merdeka? Tentu saja tidak," tandas Hidayat.

Hidayat mencontohkan sejarah negara adidaya Uni Soviet, Yogoslavia, dan lainnya. Negara-negara ini bubar karena ideologi negara mereka (komunis) datang dari luar yang dipaksakan, dan kemudian tidak menghadirkan ketahanan nasional yang kuat.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan, jika kaum pekerja paham Pancasila, maka NKRI tidak akan hancur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News