Saat Terjadi Banjir, Bupati Jember Masih dalam Perjalanan

Saat Terjadi Banjir, Bupati Jember Masih dalam Perjalanan
Beberapa anak-anak bermain di jalan yang terendam banjir di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (19/1). Ilustrasi. Foto: ANTARA/Hamka Agung

jpnn.com, JEMBER - Banjir kembali merendam ratusan rumah di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Jumat (26/2) malam.

Bahkan air sempat menggenangi teras rumah pribadi Bupati Jember Hendy Siswanto yang berada di Kelurahan Jember Kidul.

Saat terjadi bencana banjir, Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember M. Balya Firjaun Barlaman yang baru dilantik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa masih dalam perjalanan menuju ke Kabupaten Jember.

"Total yang terdampak banjir sebanyak 143 rumah, empat fasilitas ibadah, satu rumah rusak sedang, satu rumah rusak ringan, dan satu jembatan rusak berat, namun sebagian titik banjir sudah surut," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember M. Satuki, Sabtu (27/2).

Berdasarkan data BPBD Jember tercatat ada tujuh lokasi yang terdampak bencana banjir akibat luapan Sungai Jompo dan tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah setempat.

Lokasi pertama di kawasan Kreongan, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang terdapat 77 rumah terendam air setinggi 10-60 cm; kemudian di Jalan Kasuari (Gudang Kimia Farma), Kelurahan Kedawung, Kecamatan Patrang terdapat 12 rumah terendam air 30-50 cm dan satu mushala terendam air, serta satu rumah rusak ringan.

Lokasi ketiga di lingkungan Tempean, Desa Rambipuji, Kecamatan Rambipuji terdapat 21 rumah terendam air 10-20 cm dan dua musala terendam air; kemudian Jalan Sunan Bonang Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates terdapat satu rumah terendam air 5-10 cm.

Banjir juga menggenangi di lingkungan Kauman RT02/ RW12, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates yang menyebabkan satu rumah rusak sedang karena kamar belakang dan dapurnya ambrol.

Jumat (26/2) malam banjir kembali melanda Kabupaten Jember, Jawa Timur. Rumah bupati ikut terendam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News