Saatnya Investor Lokal Beli Saham Asing

Saatnya Investor Lokal Beli Saham Asing
ILUSTRASI. FOTO: Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Mantan Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Simon Felix Sembiring mengatakan sekarang ini merupakan saat yang tepat bagi investor lokal mengakuisi saham asing di sektor pertambangan Indonesia.

“Sekarang saatnya investor lokal mengembangkan sumber daya alam kita," kata Simon, Selasa (12/4).

Dia menegaskan, kalau investor lokal sudah banyak duit maka tidak harus bergantung sama asing lagi.

Pernyataan Simon menanggapi rencana perusahaan-perusahaan asing yang akan melepas saham di sektor pertambangan.

Setelah Newmont yang akan melepas saham ke Medco, dalam beberapa waktu terakhir beredar kabar BHP Billiton diam-diam juga akan melepas saham di PT Indomeat Coal (IMC). BHP menguasai 76 persen di IMC, sisanya dimiliki PT Adaro Energy Tbk.

Simon menegaskan, kondisi saat ini merupakan eranya investor lokal membeli saham investor asing. Pertama ada Medco, sekarang Adaro ada kesempatan untuk lakukan hal serupa di proyek IMC.

“Sekarang dia kan bangsa kita, kenapa tidak  disupport juga daripada dia bikin usaha di Tiongkok padahal duitnya dari sini kan?" kata dia.

Jadi, Simon menegaskan, atas dasar semangat itu harusnya pemerintah menciptakan iklim investasi yang kondusif di tanah air.

JAKARTA – Mantan Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Simon Felix Sembiring mengatakan sekarang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News