Sabar, Sabar, dan Sabar !

Sabar, Sabar, dan Sabar !
Legenda Sepak Bola Jerman Franz Beckenbauer berharap Bayern Muenchen bisa menerapkan filosofi Sabar dalam menghadapi Juventus Turin dalam laga liga Champion Rabu dini hari nanti. Foto. AFP
TURIN - Legenda Sepak Bola Jerman Franz Beckenbauer masih bisa optimis, menjelang laga Juventus kontra Bayern Muenchen dinihari nanti. Pria berjuluk Kaisar itu malah memprediksi skor akhir 0-1 untuk kemenangan Bayern Muenchen. " Ini bakal sangat sulit. Karena Juve pada posisi yang diuntungkan. Mereka akan menjadi tim yang tangguh ketika berlaga di kandangnya," ujar sang Kaisar.

Beckenbauer menyadari, tidak mudah bagi Bayern Muenchen untuk memenangi laga ini.Selain harus bertarung di kandang lawan, Juve bukan lawan yang mudah ditaklukkan. "Mereka tidak bermain hanya dengan mengandalkan fisik, tetapi juga taktik. Mereka akan bermain penuh konsentrasi," ujarnya.

Mengapa Beckenbauer begitu optimis bisa menaklukan Juve di kandangnya? Menurutnya, timnya Bayern Muenchen menganut filosofi tiga kata penting yang selalu dipegang para pemain-pemainnya di saat-saat terjepit. Filosofi tiga kata itu, tidak lain adalah Sabar, Sabar dan Sabar!    Filosofi ini tentu bukan sembarang filosofi. Tetapi, pernah ia terapkan saat ia masih merumput di berbagai arena liga Eropa. "Kata-kata itu berasal dari seorang pelatih ketika saya masih menjadi pemain, namanya Branko Zebec. Mereka perintahkan kami untuk bertahan terlebih dahulu, sebelum akhirnya mencuri gol," katanya.

Pada kesempatan itu, Beckenbauer yang kini menjadi Presiden Kehormatan di klub berjuluk Holywood itu juga menegaskan pihaknya tidak akan memecat pelatih Louis van Gaal seandainya gagal dalam laga ini. "Apa pun yang terjadi, ia tetap layak dipertahankan," ujarnya.

Sikap ini berbeda dengan suara beberapa kalangan yang mendesak dipecatnya Van Gaal bila Bayern gagal lolos ke babak 16 besar.

TURIN - Legenda Sepak Bola Jerman Franz Beckenbauer masih bisa optimis, menjelang laga Juventus kontra Bayern Muenchen dinihari nanti. Pria berjuluk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News