Sabet Penghargaan dari Pemerintah Prancis

Sabet Penghargaan dari Pemerintah Prancis
Sabet Penghargaan dari Pemerintah Prancis
PARIS - Kesuksesan The Artist menyabet beragam penghargaan tidak berhenti di Oscar 2012. Kini pemerintah Prancis bakal memberikan award tertinggi di bidang seni, Legion d"Honneur, kepada Harvey Weinstein. Chairman studio film Weinsten Company itu dianggap berjasa mengangkat nama Prancis dalam dunia perfilman internasional.

The Artist memang dibuat beberapa studio dan sutradara Prancis, Michel Hazanavicius. Pemeran utamanya, Jean Dujardiin, juga asli Prancis. Tapi, The Weinstein Company yang mengedarkan film bisu itu ke wilayah Amerika Serikat, Britania Raya, dan Australia. Mereka juga yang dianggap sukses mempromosikan The Artist hingga meraih banyak suara di Academy Awards Ke-84 kemarin.

Konfirmasi award bergengsi itu langsung datang dari Presiden Prancis Nicolas Sarkozy. "Medali kehormatan ini yang akan aku berikan secara pribadi adalah sebuah testimoni dari kekaguman jutaan masyarakat Prancis terhadap kualitas film yang Anda produksi." Demikian pernyataan yang dirilis Sarkozy kepada Harvey Weinstei yang dikutip Variety kemarin.

The Artist bukan film Prancis pertama yang didistribusikan The Weinstein Company di Amerika Serikat. Perusahaan yang berdiri pada 10 Maret 2005 itu sudah menangani lebih dari 30 judul film asal Prancis. Termasuk di antaranya Sarah"s Key (Elle s"appelait Sarah), War of the Buttons (La Novelle Guerre des Boutons), dan Le Concert.

PARIS - Kesuksesan The Artist menyabet beragam penghargaan tidak berhenti di Oscar 2012. Kini pemerintah Prancis bakal memberikan award tertinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News