Sagu jadi Pengganti Beras Selama Perubahan Iklim

Sagu jadi Pengganti Beras Selama Perubahan Iklim
Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto. Foto dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Prihasto Setyanto mengatakan, saat ini sudah memasuki masa perubahan iklim. Menurut dia, beras sebagai pangan utama sering tak bisa bertahan saat masa perubahan iklim.

Prihasto pun menyebut sagu bisa menjadi alternatif, selain menjadi sumber karbohidrat yang potensinya besar dan tersebar di beberapa daerah di Indonesia, sagu juga memiliki ketahanan.

“Sagu ini pengganti beras dan potensinya luar biasa karena sagu ini dapat bertahan terhadap perubahan iklim," kata Prihasto kepada wartawan, Minggu (27/10).

Dia juga mengatakan, sebagai salah satu sumber karbohidrat yang potensinya di Indonesia luar biasa begitu besar, sagu mudah ditemukan di Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera.

Tak hanya itu, sagu juga dapat tumbuh di berbagai tempat, mulai di daerah rawa, hingga tanah kering, tanaman itu dapat tumbuh dengan subur.

“Makanya nanti Litbang Pertanian Kementan akan menampilkan berbagi macam produk olahan sagu di HPS, serta teknologi yang digunakan untuk pengolahan sagu akan ditampilkan, dan mudah-mudahan ada pelaku usaha, pelaku industri untuk tertarik mengembangkan usaha sagu,” tutur dia. (cuy/jpnn)

Sebagai salah satu sumber karbohidrat yang potensinya di Indonesia luar biasa begitu besar, sagu mudah ditemukan di Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News