Sah! Jokowi Melantik 6 Menteri dan 5 Wamen Baru, Selamat Bekerja

Sah! Jokowi Melantik 6 Menteri dan 5 Wamen Baru, Selamat Bekerja
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik enam menteri dan lima wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/12).

Enam menteri itu yakni Tri Rismaharini (Menteri Sosial), Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), M Lutfi (Menteri Perdagangan).

Kemudian Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama), Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan) dan Sakti Wahyu Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan).

Selain melantik lima menteri, Jokowi juga mengangkat lima wakil menteri. Pengangkatan itu didasari dengan Keputusan Presiden RI Nomor 76/M Tahun 2020.

Kelima adalah Letjen M Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan, Edward Omar Sharif menjadi Wakil Menteri Hukum dan HAM.

Berikutnya Dante Saksono Harbuwono selaku Wakil Menteri Kesehatan, Harvick Hasnul Qolbi menjadi Wakil Menteri Pertanian dan Pahala Mansury Wakil Menteri BUMN.

Selesai membacakan nama-nama menteri dan wakil menteri yang dilantik, Jokowi lalu mengambil sumpah jabatan kepada mereka yang dilantik.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi yang diikuti para menteri dan wakil menteri.

Presiden Jokowi melantik enam menteri dan lima wamen, termasuk wakil untuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News