Sah! Pembelian Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5 Dapat Subsidi, Sebegini Kuotanya, Buruan!

Sah! Pembelian Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5 Dapat Subsidi, Sebegini Kuotanya, Buruan!
Wuling Air EV, mobil listrik yang dapat subsidi pemerintah. Ilustrasi Foto: ridho/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dari beberapa merek mobil listrik yang ada di tanah air, baru Hyundai dan Wuling yang memenuhi syaratendapatkan subsidi pemerintah.

Artinya, masyarakat yang membeli Wuling Air ev atau Hyundai Ioniq 5 berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Subsidi pembelian mobil listrik itu ditargetkan berlaku efektif mulai 20 Maret hingga Desember 2023.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kuota pembelian mobil listrik yang mendapat subsidi itu sebanyak 35.900 unit hingga Desember.

"Diusulkan untuk sejumlah 35.900 unit kendaraan diberi bantuan pemerintah sampai Desember 2023," ucap dia saat konferensi pers, pada Senin kemarin.

Sementara ini kedua mobil listrik itu sudah memenuhi syarat, yaitu diproduksi di dalam negeri dengan tingkat kandungan lokal (TKDN) di atas 40 persen.

"Berkaitan alur, skema penyaluran bantuan pemerintah, produsen akan mendaftarkan jenis kendaraan yang telah penuhi nilai TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) 40 persen yang disyaratkan dalam sistem," Agus menambahkan.

Pembelian mobil listrik yang mendapat insentif, hanya berlaku untuk satu kali pembelian atau satu NIK satu kali jatah subsidi.

Dari beberapa merek mobil listrik yang ada di tanah air, baru Hyundai dan Wuling yang memenuhi syaratendapatkan subsidi pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News