Sah! Profesor Ojat Darojat Kembali Pimpin Universitas Terbuka

Sah! Profesor Ojat Darojat Kembali Pimpin Universitas Terbuka
Mendikbudristek Nadiem Makarim saat melantik Prof Ojat Darojat sebagai rektor Universitas Terbuka. Foto tangkapan layar YouTube Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim melantik Prof Ojat Darojat MBus PhD sebagai rektor Universitas Terbuka (UT) periode 2021 sampai 2025.

Prof Ojat kembali menduduki posisi rektor UT yang sebelumnya telah merampungkan tugasnya pada periode 2017 sampai 2021.

Prof Ojat terpilih melalui pemilihan rektor UT yang telah dilaksanakan Senat UT dipimpin Prof Dr Chanif Nurcholis MSi dan perwakilan Mendikbudristek Nadiem.

Tahapan pemilihan rektor UT telah dilakukan pada Februari sampai Maret 2021. Akhir Maret, empat bakal calon rektor UT yang memenuhi syarat dipertemukan dalam tahap presentasi pada rapat senat terbuka.

Petahana Prof Ojat memaparkan bagaimana memperkokoh kewibawaan akademik dalam digital ekosistem. Dia menyatakan bahwa daya jangkau UT yang luas mampu meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi.

Saat melantik rektor UT serta sejumlah pejabat di lingkungan Kemendikbudristek, Menteri Nadiem menyatakan keyakinannya, para pejabat yang dilantik hari ini mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan. 

Dikatakan Menteri Nadiem, selama dua tahun terakhir, Kemendikbudristek mengalami dinamika yang cukup luar biasa. Dinamika yang pertama adalah dua kali perubahan organisasi, yakni pada 2019 dengan bergabungnya kembali unsur pendidikan tinggi.

Kemudian, pada 2021 dengan bergabungnya unsur riset dan teknologi. 

Nadiem Makarim melantik Prof Ojat Darojat sebagai rektor Universitas Terbuka periode 2021-2025.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News