Sah, SBY Putuskan PD Usung Ganjar Pranowo di Pilgub Jateng

Sah, SBY Putuskan PD Usung Ganjar Pranowo di Pilgub Jateng
Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Teka-teki arah dukungan Partai Demokrat (PD) di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) akhirnya terjawab. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi mengumumkan keputusannya untuk mengusung duet Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimun sebagai calon gubernur-calon wakil gubernur Jateng 2018-2023.

"Untuk Jawa Tengah, kami mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon gubernur dan wakilnya Taj Yasin Maimun," kata SBY di kantor DPP PD, Jakarta, Minggu (7/1).

Sebelumnya, Ganjar yang juga calon incumbent sudah mengantongi dukungan dari PDI Perjuangan. Sedangkan Gus Yasin -panggilan Taj Yasin- yang kini menjadi legislator di DPRD Jateng merupakan putra ulama karismatik KH Maimun Zubair.

SBY menegaskan, partainya berkoalisi dengan PDIP dan PPP untuk Pilgub Jateng. Koalisi PD dengan PDIP juga terjalin untuk Pilgub Kalbar dengan Mengusung Karolin Margret-Suryadman Gidot.

Sedangkan untuk Pilgub Jawa Barat (Jabar), partai pemenang Pemilu 2009 itu resmi mengusung Deddy Mizwar yang merupakan wagub petahana. Deddy dipasangkan dengan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dari Partai Golkar.

"Koalisinya hanya dua, Partai Demokrat dan Partai Golkar," ujar SBY.(boy/jpnn)


Teka-teki arah dukungan Partai Demokrat Pilgub Jateng akhirnya terjawab. Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono SBY secara resmi mengusung Ganjar Pranowo-Yasin.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News