Sah! Shinzo Abe Kembali Pimpin Jepang

Sah! Shinzo Abe Kembali Pimpin Jepang
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Foto: dok. Biro Pers Istana Kepresidenan

jpnn.com, TOKYO - Shinzo Abe kembali terpilih sebagai Perdana Menteri Jepang hari ini, Rabu (1/11). Koalisi Demokrat Liberal pimpinannya berhasil mempertahankan dua pertiga "mayoritas super" di majelis rendah parlemen dalam pemilihan 22 Oktober lalu.

Kemenangan ini memastikan kekuasaan Abe diperpanjang sampai 2021. Dengan begitu, dia menjadi PM Jepang dengan jabatan paling lama.

Abe diharapkan untuk mengangkat kembali menteri kabinet saat ini dan meminta mereka untuk menyusun anggaran tambahan untuk tahun ini sampai dengan tanggal 31 Maret 2018 yang berfokus pada perawatan anak dan meningkatkan produktivitas.

Abe yang saat ini berusia 63 tahun menjabat sejak Desember 2012 lalu berjanji untuk mendongkrak ekonomi dan memperkuat pertahanan.

Salah satu ambisi lama Abe yang belum kesampaian adalah melenyapkan pasal konstitusi yang melarang Jepang menyimpan dan merawat senjata perang.

Pasal itu dibuat dalam kondisi Jepang porak poranda setelah kalah dari Amerika Serikat dan sekutunya di perang dunia II.

Abe berkilah, dengan memiliki kekuatan militer sendiri, Jepang bisa ikut berkontribusi dalam misi pertahanan negara-negara sekutunya. (mel/rmol)


Shinzo Abe kini tercatat sebagai PM Jepang dengan masa jabatan terlama


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News