Sahabat Sandiaga Dulur Galuh Babarengan Ganjar Gelar Pelatihan Budi Daya Ikan Air Tawar

Sahabat Sandiaga Dulur Galuh Babarengan Ganjar Gelar Pelatihan Budi Daya Ikan Air Tawar
Pelatihan budi daya ikan air tawar yang diadakan Sahabat Sandiaga Dulur Galuh Babarengan Ganjar di Ciamis. Dok: sukarelawan Sandiaga.

jpnn.com, CIAMIS - Pelatihan budi daya ikan air tawar dan pembagian benih ikan gurame serta nila yang diadakan oleh Sahabat Sandiaga Dulur Galuh Babarengan Ganjar telah mengambil langkah signifikan menuju "Indonesia Hijau."

Program itu menggarisbawahi pentingnya perubahan menuju lingkungan yang lebih berkelanjutan dan berwawasan hijau.

Adapun pelatihan itu berlangsung di Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (10/11).

Pelatihan tersebut bukan hanya teori, tetapi juga mencakup tindak lanjut melalui "Indonesia Hijau," dengan tujuan memungkinkan peserta untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam usaha mereka.

Ketua Sahabat Sandiaga Dulur Galuh Babarengan Ganjar Ciamis, H. Kusnadi (H. Akaw) mengatakan 'Indonesia Hijau' merupakan salah satu langkah konkret dan penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan ketahanan pangan.

"Di sini bukan hanya pelatihan saja, jadi ada tindak lanjutnya melalui program Indonesia Hijau, jadi bagaimana para peserta ini jadi ada tindak lanjut untuk melakukan usahanya," kata H. Akaw.

Dalam konteks ini, acara pelatihan ini tidak hanya tentang budi daya ikan, tetapi juga tentang mengubah cara berpikir masyarakat.

"Sebatas memelihara ikan, tanpa kita sadari, kita juga membantu program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan melalui program gizi. Itu adalah salah satu cara kita mendorong masyarakat untuk menjadi lebih cerdas dan maju melalui 'Indonesia Hijau," ungkap H. Akaw.

Sukarelawan Sahabat Sandiaga Dulur Galuh Babarengan Ganjar mengadakan pelatihan budi daya ikan air tawar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News