Sahabat Sri Mulyani Terpilih Jadi Bos Bank Sentral Eropa

Sahabat Sri Mulyani Terpilih Jadi Bos Bank Sentral Eropa
Christine Lagarde. Foto: AFP

jpnn.com, STRASBOURG - Mantan Direktur IMF Christine Lagarde bakal menjadi presiden Bank Sentral Eropa selanjutnya. Dia terpilih dalam sesi pleno Parlemen Uni Eropa di Strasbourg.

Sebanyak 394 anggota parlemen mendukung Lagarde dalam pemilihan tersebut. Sementara 206 menentang dan 49 lainnya abstain.

"Christine Lagarde adalah pilihan yang sangat baik dan saya memberikan dukungan penuh untuknya," kata anggota parlemen dari Ceko, Ludek Niedermayer dalam sesi debat pleno sebelum pemungutan suara.

Lagarde sendiri tidak hadir dalam rapat tersebut, meski undangan telah dikirimkan padanya. "Christine Lagarde memiliki posisi yang tepat untuk menekankan kepentingan kebijakan ekonomi lainnya, tak hanya kebijakan moneter saja," kata Niedermayer.

Lagarde merupakan seorang negosiator lihai yang pernah memimpin IMF. Namun dia tak banyak memiliki pengalaman soal kebijakan moneter.

Wanita kelahiran Prancis itu dipilih oleh para pimpinan Uni Eropa pada bulan Juli lalu menggantikan Mario Draghi.

Christine Lagarde yang merupakan pengacara antitrust, sempat menjabat sebagai menteri keuangan Perancis pada 2007. Sahabat Menkeu RI Sri Mulyani itu mengambil alih kendali di IMF saat pendahulunya, Dominique Strauss-Kahn, harus angkat kaki akibat skandal asusila.

Para pimpinan Uni Eropa akan mengesahkan penunjukan Lagarde dalam konferensi tingkat tinggi reguler pada pertengahan Oktober. Lagarde akan bertindak sebagai orang nomor satu Bank Sentral Eropa selama 8 tahun ke depan.

Mantan Direktur IMF Christine Lagarde bakal menjadi presiden Bank Sentral Eropa selanjutnya. Dia terpilih dalam sesi pleno Parlemen Uni Eropa di Strasbourg.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News