Sail to Bawean Suguhkan Lima Pesona

Sail to Bawean Suguhkan Lima Pesona
Pulau Bawean dari atas. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, GRESIK - Pariwisata Pulau Bawean go international. Keindahan pulau berjarak 80 mil laut dari Kota Gresik itu akan menjadi destinasi ratusan kapal pesiar dari seluruh dunia. Mereka singgah di lima tujuan wisata nan indah. 

Lima destinasi tur itu adalah Pantai Mumbul, Pantai Gili Noko, Pantai Noko Selayar, Danau Kastoba, dan penangkaran rusa bawean. Diperkirakan, lebih dari seratus 100 kapal pesiar dari 15 negara akan datang. Mereka singgah pada 2-5 Oktober 2018. 

Wakil Bupati Moh. Qosim menyatakan, Pulau Bawean siap menyambut para wisatawan dari luar negeri itu. Persiapan sudah final. Infrastruktur jalan diperbaiki. Akses telekomunikasi disiapkan. Bahkan, perbankan telah siap memudahkan transaksi wisatawan. 

"Persiapan sudah 90 persen lebih," ujar Qosim kemarin (20/9). Pulau Bawean akan menjadi tempat singgah kapal pesiar setelah mereka berkeliling Indonesia. "Bawean ini kunjungan ke-15 dari rencana 22 tempat di Indonesia," katanya.

Pemkab dan panitia lokal Pulau Bawean memastikan penyambutan akan meriah. "Welcome ceremonybertepatan dengan Hari Jadi Pulau Bawean, 2 Oktober," jelasnya. 

Peringatan Hari Jadi Ke-417 Pulau Bawean baru pertama digelar masyarakat Bawean. Mereka akan menyuguhkan tari, kuliner khas Bawean, dan seluruh potensi daratan berjuluk Pulau Putri itu. "Pasti meriah," tegas Qosim. Delegasi pemerintah pusat tiba di Pulau Bawean pada 3 Oktober. 

Qosim mengatakan, titik kumpul pertama adalah Mumbul Beach. Pantai tersebut terletak di Desa Daun, Kecamatan Sangkapura. Berhadap-hadapan dengan Gili Noko. Pantai berpasir putih itu luar biasa. Sangat nikmat untuk berjemur. 

Setelah Gili Noko, panitia mengarahkan mereka menuju Gili Selayar. Gili Selayar tempat snorkelingnan indah. Pemandangan bawah laut sangat cantik. Selain pantai, wisatawan bakal menikmati Danau Kastoba. Danau di atas bukit kawasan hutan konservasi itu menyajikan alam yang masih perawan. "Kami juga ajak mereka ke penangkaran rusa bawean," ujarnya. (yad/c6/roz) 

Pulau Bawean akan menjadi tempat singgah kapal pesiar setelah mereka berkeliling Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News