Saint Sophia Cathedral, Landmark Utama di Kiev, Ukraina

Katedral nan Anggun Berusia Seribu Tahun

Saint Sophia Cathedral, Landmark Utama di Kiev, Ukraina
Katedral Saint Sophia di Kiev. Foto : Agung Putu Iskandar/Jawa Pos
Katedral Saint Sophia adalah tetenger utama di Kiev. Bentuknya khas gereja-gereja Rusia dengan kubah emas di pucuk. Katedral itu menjadi saksi bisu sejarah besar bangsa Slavik. Berikut laporan wartawan Jawa Pos AGUNG PUTU ISKANDAR yang baru kembali dari Kiev.

 

= = = = = = = = =

SAINT Sophia Cathedral berada di jantung Kota Kiev. Letaknya sangat strategis. Katedral itu menghubungkan tiga jalan utama dalam lapangan besar tempat warga berkumpul di depan katedral. Tiga jalan utama tersebut adalah Velyka Zhytomyriska, Mykhailivska, dan Volodymyrsky.

 

Katedral itu dibangun pada abad ke-11 dengan peletakan fondasi pertama pada 1011. Dibutuhkan 20 tahun untuk bisa merampungkan bangunan tersebut. Arsitektur kubah emasnya meniru Saint Sophia di Novgorod yang ada sejak 989. Perancang katedral itu adalah ayahanda penguasa Kiev Yaroslava yang Bijaksana. Yakni, Vladimir yang Agung, salah seorang Viking yang menguasai kota sejak abad ke-10.

 

Awalnya katedral tersebut merupakan tempat pemakaman para penguasa Kiev. Yakni, Vladimir Monomakh, Vsevolod Yaroslavich, dan Yaroslava. Namun, seiring pergantian beberapa penguasa di Kiev, katedral berganti-ganti fungsi. Mulai era penguasaan Mongol hingga era Uni Soviet.

Katedral Saint Sophia adalah tetenger utama di Kiev. Bentuknya khas gereja-gereja Rusia dengan kubah emas di pucuk. Katedral itu menjadi saksi bisu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News