Sakit Jiwa, 32 Warga Cilacap Dipasung

Sakit Jiwa, 32 Warga Cilacap Dipasung
Sakit Jiwa, 32 Warga Cilacap Dipasung
CILACAP - Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Cilacap, Teguh Prastowo mengatakan terdapat 32 penderita gangguan jiwa di wilayahnya yang dipasung pihak keluarga. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Cilacap 32 kasus pemasungan ini tersebar di 24 kecamatan. Terbanyak berada di Kecamatan Kroya, jumlahnya sampai 8 orang.

"Beberapa bulan terakhir kita melakukan penelusuran ke tiap desa bekerjasama dengan Puskesmas. Tujuannya untuk penelusuran penderita gangguan jiwa yang masih mendapatkan perlakuan pasung dari pihak keluarganya," jelas Teguh.

Menurut Teguh, tindakan pemasungan tidak akan menyembuhkan penderita gangguan jiwa. Justru akan memperburuk kondisi fisik dan mental mereka, sehingga upaya pemasungan harus dihindari.

Selain itu, imbuh dia, penderita gangguan jiwa selayaknya mendapatkan pengobatan secara kontinyu. "Melalui penelusuran ini, diharapkanpada tahun 2012 sudah tidak ada lagi penderita gangguan jiwa yang dipasung," ujarnya.

CILACAP - Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Cilacap, Teguh Prastowo mengatakan terdapat 32 penderita gangguan jiwa di wilayahnya yang dipasung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News