Sakit Kepala Saat Olahraga? Redakan dengan 4 Cara Ini

Sakit Kepala Saat Olahraga? Redakan dengan 4 Cara Ini
Ilustrasi sakit kepala. Foto: Pixabay

jpnn.com - Sakit kepala bisa datang kapan saja, tak kenal waktu dan tempat. Bahkan, tak sedikit orang yang merasakan keluhan tersebut di tengah olahraga yang sedang mereka lakukan. Apakah Anda salah satu yang juga sering mengalami kondisi tersebut?

Sakit kepala saat olahraga dikenal dengan sebutan exertion headache. Meski tidak terlalu dikenal seperti migrain, exertion headache bisa sangat mengganggu, dapat berlangsung 5 hingga 40 menit, dan membuat penderita merasa tidak berdaya.

Secara sederhana, exertion headache terjadi akibat peningkatan tekanan darah di otak karena aktivitas yang tinggi. Sakit kepala jenis ini biasanya muncul saat Anda melakukan olahraga, seperti bersepeda, berlari, atau angkat beban.

Tak melulu akibat exertion headache, sakit kepala saat atau sesudah berolahraga juga bisa disebabkan oleh dehidrasi. Banyaknya cairan yang hilang saat olahraga bisa menyebabkan dehidrasi, yang salah satu tanda awalnya adalah sakit kepala.

Hal lain yang dapat memicu sakit kepala saat olahraga adalah rendahnya kadar gula darah atau hipoglikemia. Keadaan ini disebabkan oleh kurangnya pasokan gula sebelum berolahraga dan terkurasnya glukosa saat berolahraga, yang salah satu gejala awalnya adalah sakit kepala.

Solusi sakit kepala saat olahraga

Karena sangat mengganggu, sakit kepala saat atau sesudah olahraga harus segera diatasi. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk itu, di antaranya:

1. Berhenti dan istirahat sejenak

Apakah Anda kerap mengalami sakit kepala saat sedang olahraga atau setelahnya? Redakan dengan cara ini.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News