Sakit Kepala Terus-menerus Tanda Kolesterol?

Sakit Kepala Terus-menerus Tanda Kolesterol?
Sakit kepala. Foto: ndtv.com

jpnn.com - Mungkin Anda sering mendengar sakit kepala yang dihubungkan dengan kolesterol. Namun sebenarnya, apakah terdapat hubungan antara keduanya? Berikut ini pemaparannya.

Serba-serbi sakit kepala

Sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai sakit kepala. Penyakit yang menyerang kepala ini dapat dibagi menjadi sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Yang paling sering ditemukan adalah sakit kepala primer.

Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang terjadi tanpa didasari penyakit tertentu. Sedangkan sakit kepala sekunder muncul karena adanya kelainan atau penyakit tertentu, misalnya karena tekanan darah yang sangat tinggi, massa, atau benturan di kepala.

Sakit kepala primer bisa dibagi menjadi tiga tipe, yaitu sakit kepala tipe tegang (tension headache), sakit kepala kluster dan sakit kepala migrain. Sakit kepala tipe tegang merupakan sakit kepala yang paling sering terjadi.

Sakit kepala jenis ini dapat disebabkan oleh banyak hal seperti kurang tidur, stres, aktivitas fisik berlebihan, gangguan refraksi mata, dan masih banyak lagi. Namun di antara berbagai macam penyebab tersebut, kolesterol bukanlah salah satunya.

Sakit kepala dan kolesterol

Hiperkolesterolemia atau kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah tidak menyebabkan gejala apapun. Gejala yang ditimbulkan dari kolesterol yang tinggi hanya terjadi pada kondisi gawat darurat seperti serangan jantung atau stroke.

Jika Anda merasakan sakit kepala, yang harus dicari tahu adalah penyebab faktor pencetusnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News