Atasi Kolesterol Tinggi dengan Cara ini

Atasi Kolesterol Tinggi dengan Cara ini
Pasien saat dites kolesterol. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Memiliki kolesterol tinggi menjadi kabar buruk bagi kesehatan. Pasalnya beberapa penyakit mengintai Anda, seperti jantung dan stroke.

Karena itu, Anda patut waspada, khususnya jika memiliki penyakit metabolik lain seperti diabetes, atau tekanan darah tinggi.

Dengan kondisi-kondisi tersebut, menjaga kadar kolesterol pada tubuh bukan lagi sebuah pilihan, tapi keharusan.

Untuk bisa menurunkan kadar kolesterol, Anda harus mengurangi asupan makanan yang tinggi lemak jenuh.

Beberapa makanan rendah kolesterol yang dapat Anda konsumsi antara lain: unggas (tanpa kulit), daging yang tidak mengandung lemak.

Kemudian produk olahan susu yang rendah lemak, perbanyak konsumsi sayur dan buah, gandum, serta makanan yang banyak mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli), vitamin E (gandum, almon, kacang tanah).

Selain itu, perhatikan juga cara mengolah makanan. Hindari berbagai makanan yang melalui proses penggorengan. Akan jauh lebih baik jika makanan Anda diolah dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang.

Selain itu, imbangi juga dengan olahraga minimal 30 menit setiap hari. Yang harus diingat, olahraga ringan atau sedang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sekaligus mencapai berat badan ideal Anda jika dilakukan secara rutin.

Dengan kondisi-kondisi tersebut, menjaga kadar kolesterol pada tubuh bukan lagi sebuah pilihan, tapi keharusan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News