Kolesterol Tinggi? Waspada 4 Penyakit ini Mengintai

Kolesterol Tinggi? Waspada 4 Penyakit ini Mengintai
Pasien saat dites kolesterol. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Kolesterol tidak selalu berbahaya. Hal ini karena tubuh kita memerlukan kolesterol untuk membangun selubung saraf dan membran sel tubuh.

Namun, mengapa kolesterol, terlebih kolesterol tinggi sering dihubungkan dengan berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit jantung dan strok?

Permasalahan utama dari kolesterol bukan berada pada senyawanya, tapi lebih pada jumlah kolesterol yang berada di dalam tubuh.

Tubuh menyediakan kolesterol dalam dua bentuk, yaitu high-density lipoprotein (HDL) atau yang dikenal sebagai kolesterol baik, dan low-density lipoprotein (LDL) yang dimusuhi hampir semua orang karena perannya sebagai kolesterol jahat.

Kenapa? Karena jumlah LDL yang berlebihan bisa meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit jantung dan strok.

Tubuh manusia memproduksi kolesterol LDL secara alamiah. Namun, pola hidup yang tidak sehat seperti malas berolahraga dan tidak mengontrol asupan makanan yang tinggi kolesterol, bisa menyebabkan tubuh memiliki jumlah kolesterol LDL yang lebih banyak.

Selain itu, beberapa orang juga mewarisi gen dari orang tuanya, sehingga orang tersebut memiliki kolesterol dalam jumlah yang lebih banyak.

Bahaya kolesterol tinggi.

Permasalahan utama dari kolesterol bukan berada pada senyawanya, namun lebih kepada jumlah kolesterol yang berada di dalam tubuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News