Selasa, 16 Juli 2019 – 09:28 WIB

Sakit Perut Datang Saat Gugup?

Jumat, 22 Juni 2018 – 14:14 WIB
Sakit Perut Datang Saat Gugup? - JPNN.COM

jpnn.com - Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya gugup. Seperti gugup saat mau menghadapi ujian ataupun gugup ketika harus tampil di depan banyak orang. Nah, ketika sedang gugup, tidak jarang perasaan sakit perut menghampiri.

Tak hanya gugup, kondisi lain yang bisa menimbulkan stres pada tubuh seperti panik juga bisa menimbulkan keluhan sakit perut tersebut. Sensasi yang bisa dirasakan meliputi:

1. Perut terasa kram, kejang, dikocok
2. Otot terasa gemetaran dan kedutan
3. Frekuensi buang angin meningkat
4. Mual
5. Nyeri di ulu hati
6. Perut kembung
7. Frekuensi buang air kecil meningkat
8. Peningkatan kontraksi usus

Lalu, sebenarnya apa yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi? Otak dihubungkan dengan seluruh bagian tubuh atau organ tubuh melalui sistem saraf, salah satunya sistem saraf usus. Sistem saraf usus ini dikenal dengan saraf vagus, dan berperan dalam mengatur fungsi pencernaan.

Pada kondisi tubuh terancam, otak akan merespons dengan menimbulkan sinyal perlindungan diri, termasuk ke saluran pencernaan. Kondisi ini menyebabkan fungsi pencernaan melambat, bahkan dapat berhenti total. Dengan begitu, tubuh dapat fokus menggunakan seluruh energi yang dimiliki untuk menghadapi ancaman yang sedang terjadi.

Pada kondisi stres karena gugup, panik, atau cemas, melalui sistem saraf tersebut tubuh bisa memperlambat dan mengganggu fungsi pencernaan. Akibatnya timbullah sakit perut dan gejala-gejala lainnya yang berkaitan dengan saluran pencernaan.

Waspadai hal ini.

Jika gejala sakit perut yang dialami berlangsung terus-menerus dan makin lama makin buruk, mungkin Anda perlu mengatasi kondisi tersebut dengan lebih serius. Bisa jadi kadar stres dan masalah di saluran pencernaan Anda harus segera diatasi dengan penanganan yang lebih.

Sumber : Klikdokter
SHARES
TAGS   Sakit Perut
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar