Salah Dipaksa Wajib Militer

Salah Dipaksa Wajib Militer
Mohamed Salah. FOTO: andy hooper

jpnn.com - CHELSEA bisa kehilangan Mohamed Salah selama satu musim atau lebih.  Bukan karena cedera atau skors, namun lantaran pemain yang direkrut dari FC Basel tersebut harus menjalani program wajib militer di Mesir.  Program ini bisa memakan waktu 12 hingga 36 bulan !     

Wajib militer sendiri merupakan salah satu program edukasi Kementerian Pendidikan Tinggi Mesir.  Menteri Pendudikan Tinggi Mesir Prof. El-Sayed Ahmad Abd El Khalek kepada Sports Keeda mengatakan, bahwa Salah memang harus mengikuti wajib militer tersebut. Sebab, dalam hukum Mesir, pemuda berusia 18 sampai 30 tahun wajib untuk mengabdi ke institusi kepolisian, penjara, dan militer.   Nah, Salah masuk dalam program tersebut karena usianya baru 22 tahun. 
     
Koran-koran Inggris banyak memberitakan soal Salah ini. Jika laporan tersebut akurat, Salah diharuskan untuk kembali ke Mesir secepat-cepatnya. Dia hanya diperbolehkan untuk bepergian ke luar negeri jika itu masih berhubungan dengan program pendidikan. 
    
Berdasarkan website Sepak bola Mesir, King Fut, direktur Tim Nasional Ahmed Hassan sudah berbicara dengan Salah mengenai situasi ini. 
    
"Salah memang terlihat sangat terkejut dengan keputusan ini," kata Hassan kepada King Fut seperti dilansir harian Inggris, Metro. "Dia mengatakan kepada saya bahwa dia sudah berusaha untuk mewakili Mesir dengan cara terbaik yang dia mampu. Apakah ini respon terbaik dari pemerintah?," sesal Hassan. 
     
Jika sudah pasti, Salah akan secepatnya kembali ke Mesir, tempat keluarganya tinggal. Dia tidak diizinkan pergi ke luar negeri, sampai dia menuntaskan masa wajib militer tersebut.
     
Namun, Federasi Sepak Bola Mesir alias Al-Ittihad Al-Misry Le-Korat Al-Qadam berusaha keras untuk membujuk pemerintah agar membatalkan kebijakan tersebut. "Pelatih timnas juga membantu untuk mencarikan solusi atas kasus Salah ini," tandas Hassan.  
    
Salah tampil 10 kali dalam paruh terakhir Premier League musim lalu bersama Chelsea. Dia mencatat dua gol. Salah juga bermain sekali pada ajang Piala FA.  Pemain yang dijuluki Lionel Messi-nya Mesir itu, direkrut Chelsea Januari lalu setelah tampil memikat bersama FC Basel. (nur/bas)


CHELSEA bisa kehilangan Mohamed Salah selama satu musim atau lebih.  Bukan karena cedera atau skors, namun lantaran pemain yang direkrut dari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News