Jumat, 15 Desember 2017 – 11:24 WIB

Salah Ketik Teks Pancasila di Buku Pendamping K-13

Rabu, 04 Oktober 2017 – 07:44 WIB
Salah Ketik Teks Pancasila di Buku Pendamping K-13 - JPNN.COM

jpnn.com, TULUNGAGUNG - Terjadi salah tulis teks Pancasila di buku pendamping Kurikulum 2013 (K-13) kelas IV semester I.

Pihak penerbit terpaksa merevisi ratusan buku kelas IV semester I yang sudah terlanjur didistribusikan ke hampir seluruh sekolah dasar di Kota Mermer ini.

Berdasarkan informasi dihimpun Jawa Pos Radar Tulungagung, kesalahan penulisan ada pada halaman 15, buku Tema I: Indahnya Kebersamaan, untuk muatan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang membahas pengamalan sila-sila dalam Pancasila.

Di dalam halaman yang tertera itu, untuk item pada sila kelima tertulis, “ KeYohanesian Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Begitu ada laporan kesalahan ketik, sontak pihak penanggung jawab atau penerbit segera merevisi: “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Dengan kondisi tersebut, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) Kabupaten Tulungagung, menganggap kesalahan teknis dan tidak ada unsur kesengajaan.

“Disebabkan ada kekeliruan dalam pengetikan. Kendati demikian, lolosnya satu kata yang salah, masih manusiawi dan tidak ada unsur kesengajaan. Sudah diralat, bahkan saya mengetahui langsung ralat pencetakannya,” terang Kepala Dispendikpora Kabupaten Tulungagung Suharno, kemarin (3/10).

Dia menegaskan, ralatnya dengan cara memberikan revisi pada lembaran yang salah. Agar pemahaman siswa benar, sekaligus bentuk pertanggungjawaban penerbit.

SHARES
loading...
loading...
Komentar