Salurkan KPR Rp 5,5 Triliun

Salurkan KPR Rp 5,5 Triliun
Salurkan KPR Rp 5,5 Triliun
JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) bidik target penyaluran kredit ke sektor perumahan melalui lembaga penyalur KPR dengan total Rp 5,5 triliun pada 2011. Total kredit naik dari periode sebelumnya, Rp 3,3 triliun. "Total akan menjadi Rp 5,5 triliun, total penyalurkan KPR SMF," kata Direktur Utama SMF, Erica Soeroto di Hotel Four Season, Jakarta.

Menurut Erica untuk memenuhi pembiayaan baru itu, perseroan baru saja menerbitkan surat utang Rp 500 miliar, dengan tingkat bunga 7,41 persen-8,85 persen. Sebanyak Rp 163 miliar digunakan untuk pembayaran utang jatuh tempo, dan sisanya Rp 337 miliar sebagai dana kredit.

Erica menyebutkan perseroan juga masih menyiapkan 1 penerbitan surat utang, obligasi atau Medium Term Notes (MTN). Nilainya berkisar Rp1 triliun. "Kita lihat, bisa MTN atau obligasi, tergantung kondisi pasar nanti," katanya. Biasanya,tambah Erica, di akhir-akhir tahun pihaknya mengejar target.

"Untuk sekuritisasi, tahun ini Rp 1 triliun. Perkiraan di semester II-2011," jelas Erica. Disebutkan, pada 2010, perseroan telah memfasilitasi transaksi sekuritisasi KPR sebesar Rp 750 miliar. Total sekuritisasi hingga kini mencapai Rp 1,25 triliun.

Untuk obligasi, Erica mengatakan perseroan telah menerbitkan sebanyak 3 kali. Juga ada penerbitan MTN, dengan total yang sudah terbit Rp388 miliar. Sehingga total penyaluran pinjaman yang bersumber dari obligasi dan MTN, Rp1,25 triliun (outstanding).

JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) bidik target penyaluran kredit ke sektor perumahan melalui lembaga penyalur KPR dengan total Rp

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News