Salurkan Ribuan TKI, Indonesia Bidik Korsel

Salurkan Ribuan TKI, Indonesia Bidik Korsel
Salurkan Ribuan TKI, Indonesia Bidik Korsel
JAKARTA - Pemerintah Indonesia terus mencari negara-negara untuk menyalurkan TKI. Saat ini, pemerintah melalui Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) membidik Korea Selatan (Korsel). Apalagi, negeri gingseng itu sedang menerapkan moratorium penerimaan tenaga kerja asal Vietman.

Upaya BNP2TKI membidik Korsel untuk menyalurkan ribuan TKI tadi disampaikan oleh Direktur Penempatan BNP2TKI Haposan Saragih. Di temui di Jakarta kemarin, dia menjelaskan Korsel saat ini membutuhkan ribuan tenaga kerja baru. Diantaranya tenaga keperawatan.

Haposan menuturkan, kabar kebutuhan tenaga kerja untuk Korsel itu keluar ketika digelar pertemuan bertajuk Thank You Sajangnim di Seoul pekan lalu. Sajangnim adalah sebutan warga setempat untuk pemilik perusahaan atau penampung tenaga kerja. Tidak kurang dari 220-an sajangnim nimbrung di pertemuan ini. "Dalam pertemuan ini, kami mewakili pemerintah juga mengucapkan terima kasih kepada para sajangnim," tandas Haposan.

Menurut Haposan, beberapa sajangnim yang ikut dalam pertemuan ini mengutarakan minat mempekerjakan TKI. "Acara ini benar-benar kami manfaatkan untuk memetakan riil kebutuhan tenaga kerja di Korsel," kata dia. Selain itu, Haposan mengatakan jika dalam pertemuan ini sajangnim mengaku puas dengan kinerja TKI. Menurut pengakuan Haposan, TKI di Korsel terkenal baik, disiplin, rajin, dan pekerja keras. Hampir mirip dengan label pekerja Korsel sendiri.

JAKARTA - Pemerintah Indonesia terus mencari negara-negara untuk menyalurkan TKI. Saat ini, pemerintah melalui Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News