Salut, Pak Polisi Rutin Tadarus sebelum Patroli

Salut, Pak Polisi Rutin Tadarus sebelum Patroli
Anggota polisi Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya tadarus sebelum patroli. Foto: Jawa Pos/JPG/JPNN

SURABAYA – Kesibukan dan jam kerja yang padat tidak membuat para anggota polisi melupakan ibadah di bulan puasa. Misalnya yang dilakukan Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Mereka mengadakan kegiatan rutin sebelum patroli pada Ramadan kali ini, yakni membaca Alquran atau tadarus.

Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, AKP Mas Arjaka menyatakan, kegiatan itu memang baru digalakkan pada Ramadan 2016 ini. Idenya berawal dari saran para anggota yang mengatakan ingin tetap bisa beribadah total seperti biasanya di sela kewajiban bekerja.

''Saya pikir ya tadarusan ini yang cocok. Bisa dilakukan di pos, sama-sama anggota lain juga. Jadi, kesan kebersamaannya lebih terasa,'' ujarnya.

Arjaka menambahkan, kegiatan itu masih tahap penjajakan. Tidak semua pos ada aktivitas membaca Alquran seperti itu. Hanya ada satu pos yang benar-benar menerapkan kegiatan itu selama Ramadan penuh, yakni Pos 901 di Jalan Jakarta, Surabaya.

 ''Masih penjajakan, tapi antusiasme anggota cukup tinggi,'' terangnya.

Arjaka menjelaskan, sehari paling tidak satu anggota membaca satu halaman di Alquran. Jadi, total sehari delapan halaman yang dibaca. Itu berarti, dalam sehari, anggota Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak bisa menyelesaikan satu juz di dalam Alquran.

 ''Jadi, pas tiga puluh hari khatam,'' katanya. (rid/c19/ady/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News